Sabtu, 14 Januari 2012

Mari, Belajar Menuliskan Hal Penting dari Bacaan

Pada pelajaran ini, kamu akan belajar menuliskan hal penting dari bacaan yang diperdengarkan. Tujuannya agar kamu dapat menemukan hal-hal penting dari bacaan yang terdiri atas judul, peristiwa yang dikemukakan, dan fakta mengenai peristiwa yang dikemukakan. Setelah itu, kamu dapat menuliskan kesimpulan bacaan yang telah diperdengarkan dengan kalimat sendiri.
Sekarang, kamu telah duduk di Kelas VI. Pacu terus semangat belajarmu. Jangan pernah menyerah untuk meraih prestasi. Untuk mengawali pelajaran Bahasa Indonesia, kita akan belajar memahami isi sebuah bacaan yang dibacakan. Dari kegiatan mendengarkan bacaan, kita akan mendapatkan banyak informasi berharga. Oleh karena itu, ketika mendengarkan bacaan, kamu harus menyimaknya dengan sungguh-sungguh. Catatlah hal-hal penting dari bacaan yang diperdengarkan. Hal-hal penting dari bacaan di antaranya judul, peristiwa yang dikemukakan, dan fakta mengenai peristiwa yang dikemukakan (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana). Hal tersebut akan memudahkanmu memahami isi bacaan. Dengarkanlah, temanmu akan membacakan bacaan berikut. Tutuplah buku pelajaranmu dan siapkan catatan untuk mencatat hal-hal penting yang kamu dengar.

Tes Air Bersih di SD Serang
Teman-teman sudah tahu, kan, air yang hendak kita minum harus direbus dahulu sampai mendidih? Tujuannya agar mikroorganisme penyebab sakit perut mati. Namun, apakah merebus merupakan satu-satunya cara untuk mendapatkan air minum yang bersih? Ternyata, tidak. Nah, untuk membuktikannya, beberapa waktu yang lalu teman-teman kita di SD Serang, Banten, mengadakan acara Water Testing Day.

Empat Tim
Acaranya sangat ilmiah. Ada empat tim yang bertugas mendapatkan air bersih lewat uji laboratorium. Tim SODIS bertugas mendapatkan air bersih dengan cara "solar disinfektasi" atau menghilangkan mikroorganisme
melalui penyinaran matahari. Caranya, air di masukkan ke dalam botol tembus cahaya (setengah botol dicat hitam untuk menyerap matahari). Botol lalu dijemur di bawah terik matahari selama enam jam. Tim REBUS bertugas menda patkan air bersih dengan merebus air hingga mendidih. Tim KERAMIK bertugas mendapatkan
air bersih dengan cara menya ring dengan saringan keramik. Tim RAHMAT bertugas mendapatkan air bersih dengan cara meneteskan cairan chlorin. Air lalu dikocok-kocok dan didiamkan selama 30 menit.
Diuji
Untuk menguji air mana yang paling bersih, air hasil tes lalu dimasukkan ke dalam kotak inkubator selama 24 jam. Tes ini akan membuktikan, air yang telah bebas dari kuman akan tetap bersih, sedangkan air yang masih ada kumannya akan semakin dipenuhi kuman yang telah berkembang biak. Bagaimana hasilnya? Air yang telah direbus dan air yang ditetesi cairan chlorine ternyata tetap bersih. Namun, air yang dibersihkan lewat metode penyaringan keramik dan solar disinfektasi masih dipenuhi dengan bakteri E-coli.
Cairan Chlorin
Jadi, selain dengan cara merebus, kita dapat men dapat kan air bersih dengan cara meneteskan cairan chlorin. Cairan chlorin tersebut di Indonesia diberi nama air rahmat (singkatan dari murah, mudah, dan hemat). Cairan ini telah digunakan dalam pengadaan air bersih siap minum di tempat-tempat bencana, seperti di Timor Barat, Aceh, dan Nias. Cairan ini per botol harganya Rp5.000,00 dan dapat digunakan untuk mengolah air minum sebanyak 600 liter. Cairan chlorin (air rahmat) adalah larutan 1,25% sodium hypochlorite. Penetesan chlorin dalam ukuran yang tepat (3ml untuk 20 liter air) akan menghilangkan mikro organisme seperti E-coli yang menyebabkan penyakit diare, disentri, kolera, dan demam tipus. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Setelah air sumur ditetesi dengan chlorin, air dikocok selama 30 detik, lalu biarkan selama 30 menit, dan air siap diminum.


Ayo, Berlatih
Apakah kamu sudah mencatat hal-hal yang menurutmu penting dari bacaan tersebut? Untuk mengetahui tingkatpemahamanmu, jawablah pertanyaan berikut berdasarkan catatan yang kamu buat.
1. a. Apa judul bacaan tersebut?
b. Apa nama acara yang diadakan di SD Serang?
c. Siapa yang mengikuti acara tersebut?
d. Apa saja nama tim pada acara tersebut?
e. Di mana acara tersebut berlangsung?
f. Bagaimana cara-cara yang digunakan oleh setiap
tim pada acara tersebut?
g. Bagaimana cara menggunakan larutan chlorin untuk
mendapatkan air bersih?
h. Kesimpulan apa yang didapat oleh siswa SD Serang
dari acara tersebut?
2. Tuliskan kembali isi bacaan tersebut dengan kalimatmu
sendiri.
Ketika mendengarkan bacaan "Tes Air Bersih di SD Serang", apakah kamu mendengar istilah-istilah yang asing di telingamu? Agar dapat memahami arti kata (istilah) tersebut, kamu dapat menggunakan kamus. Di dalam kamus, kamu akan mendapati arti kata-kata dan sinonimnya. Dengan sering membuka dan membaca kamus, perbendaharaan katamu semakin banyak. Hal tersebut akan memudahkanmu ketika hendak menulis sebuah bacaan. Agar memudahkan penggunaan kamus, bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan kamus.

Tugas untuk Kamu
Carilah sebuah bacaan bertema lingkungan hidup dari majalah, koran, atau buku di perpustakaan sekolahmu. Bacakanlah bacaan tersebut secara bergantian dengan temanmu. Simaklah dengan saksama. Ketika mendengarkan, kamu mencatat hal-hal penting mengenai isi bacaan. Tuliskan hasil catatanmu ke dalam bentuk paragraf.

Mari, Menggunakan Kamus

Ketika mendengarkan bacaan "Tes Air Bersih di SD Serang", apakah kamu mendengar istilah-istilah yang asing di telingamu? Agar dapat memahami arti kata (istilah) tersebut, kamu dapat menggunakan kamus. Di dalam kamus, kamu akan mendapati arti kata-kata dan sinonimnya. Dengan sering membuka dan membaca kamus, perbendaharaan katamu semakin banyak. Hal tersebut akan memudahkanmu ketika hendak menulis sebuah bacaan. Agar memudahkan penggunaan kamus, bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan kamus.
Carilah arti kata-kata berikut dalam kamus. Susunlah secara alfabetis (mengurut sesuai dengan huruf awal kata).

mikroorganisme, laboratorium, kuman, bakteri, larutan, penyakit, bersih, dan metode.
Setelah kamu memahami artinya, buatlah kalimat dengan kata-kata tersebut. Tukarkan hasilnya dengan temanmu untuk menilai ketepatan kalimat yang telah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar