Sabtu, 14 Januari 2012

MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA

BAB 4
MENGHARGAI DAN MENAATI KEPUTUSAN BERSAMA
Standar kompetensi :
4. menghargai keputusan bersama
Kompetensi dasar :
    1. Mengenal bentuk bentuk keputusan bersama.
    2. Mematuhi keputusan bersama.
Analisis :
  1. Standar isi :
Standar kompetensi yang tertera pada buku “ pendidikan kewarganegaraan SD/MI kelas 5 sudah sesuai dengan standar isi pada buku, masing masing judul ( isi materi buku ) sudah dijelaskan dengan rinci dan mudah dimengerti untuk anak kelas 5, namun dibeberapa kompetensi dasar di bahas tiap-tiap materi. Sehingga pemahaman siswa mengenai materi lebih mendalam. Kompetensi dasar yang tercantum dalam buku ‘’ pendidikan kewarganegaraan SD/MI
  1. Kompetensi dasar yang tercantum dalam buku ‘’ pendidikan kewarganegaraan SD/MI
    1. Mengenal bentuk bentuk keputusan bersama.
Dalam buku pendidikan kewarganegaraan SD/MI kelas 5 berdasarkan standar isi yang ada, kompetensi dasar 4.1. Dibahas secara mendalam pada bab 4 ini yang menjelaskan Mengenal bentuk bentuk keputusan bersama
    1. Mematuhi keputusan bersama.
Dalam buku ini sudah sesuai karena sudah dijelaskan mengenai Mematuhi keputusan bersama. dan mengetahui contoh - contoh, cerita dan perilaku mematuhi keputusan bersama, melalui gambar - gambar dan cerita yang ditampilkan didalam buku ini. dimana hal ini bisa memperjelas persepsi murid mengenai bagaimana cara menghargai dan mematuhi keputusan bersama.
  1. Kesesuaian dengan perkembangan anak
Buku pendidikan kewarganegaraan SD/MI kelas 5 sudah sesuai dengan perkembangan anak kelas 5, itu semua dapat dilihat dengan adanya buku terutama pada buku pendidikan kewarganegaraan untuk SD/MI kelas 5 ini sudah sesuai dengan perkembangan anak.dari analisis kami, gambar – gambar dan cerita- cerita yang ditampilkan dibuku ini sudah sesuai dengan perkembangan anak, sehingga ia lebih bisa menghargai pendapat orang lain dan menghargai keputusan bersama.
  1. Manfaat untuk menambah wawasan
Di dalam buku pendidikan kewarganegaraan SD/MI kelas 5 ini banyak memberikan manfaat kapada guru berupa bertambah luas wawasan seorang guru, Namun yang lebih utama adalah memberikan manfaat terhadap peserta didik. Disamping itu buku ini juga dilengkapi dengan tugas tugas akhir dari setiap sub pembahasan, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  1. Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar
Buku pendidikan kewarganegaraan untuk SD/MI kelas 5 ini, menurut kami sudah sesuai dengan kebutuhan bahan ajar karena isi didalam buku ini sudah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Akan tetapi alangkah lebih baiknya seorang Guru tidak terpaku pada satu buku saja, namun menambahkannya dengan buku ajar yang lain Dan metode yang tepat pada mata pelajaran ini, sehingga proses pembelajaran akan lebih menarik.
  1. Kejelasan Informasi
Informasi buku pendidikan kewarganegaraan SD/MI kelas 5 sudah jelas, karena didalam buku ini informasinya sudah cukup jelas dan memadai,akan tetapi pada bagian tertentu terutama pada materi tentang menghargai dan mematuhi keputusan bersama hanya dijelaskan bagaimana menerima dan mematuhi keputusan bersama. Tetapi tidak dijelaskan akibat dari tidak menghargai keputusan bersama. Apabila dalam buku ini di jelaskan tentang akibat dari tidak menghargai keputusan bersama maka secara tidak langsung akan menanamkan sikap sabar kepada anak-anak.
  1. Kegrafikan
Mengenai kegrafikan buku ini, Gambar-gambar dan cerita-cerita pada buku ini sudah cukup menarik , akan tetapi menurut kami sebaiknya gambar-gambar yang dicantumkan berwarna sehingga akan lebih menarik perhatian minat baca bagi siswa.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar