Sabtu, 14 Januari 2012

Olahraga saat Hamil

Olahraga selama masa kehamilan membuat kita lebih rileks dan santai saat melahirkan.


Ingin lebih menikmati masa-masa menanti kehadiran anggota keluarga baru? Berolahragalah! Cukup dengan level olahraga moderat saja, kita bisa membuat tubuh tak hanya bugar tapi juga merasakan berbagai manfaatnya dan 7 diantaranya adalah…
1. Selalu merasa bahagia: Olahraga akan memicu hormon serotonin, hormon yang membuat kita selalu ceria dan bahagia.
2. Stamina prima sebelum melahirkan : Saat proses persalinan, kita butuh energi yang optimal. Jika kita bugar semasa kehamilan maka proses persalinan dapat dihadapi dengan kekuatan penuh. Artinya, prosesnya bisa selancar yang kita inginkan.
3. Membebaskan kita dari konstipasi: Kehamilan akan membuat kita mengalami konstipasi. Sebab meningkatnya hormon progesteron membuat organ pencernaan kita melambat. Tapi rutin berolahraga akan membuat gerakan dalam usus kita lebih lancar, sehingga konstipasi bisa dihindari.
4. Membuat berat badan selalu dalam level ideal: Rutin berolahraga selama kehamilan akan membuat tubuh tidak terlalu banyak menumpuk lemak. Ini artinya, setelah melahirkan, kita tak perlu berpeluh untuk membakar sisa lemak saat hamil.
5. Membebaskan diri dari stres: Masa kehamilan adalah masa-masa penuh kebahagiaan tapi juga membuat kita lebih sensitif. Kepekaan inilah yang sering kali merubah suasana bahagia menjadi tekanan atau stres. Dan yang perlu kita lakukan untuk menghapus stres dari agenda harian kita selama hamil adalah dengan rutin berolahraga. Aktivitas fisik ini membuat seluruh tubuh kita rileks dan kondisi ini diartikan sebagai signal untuk mengeluarkan hormon bahagia, alias serotonin.
6. Menghapus nyeri dan pegal selama kehamilan: Bobot yang bertambah, tentu membuat tubuh kita harus menopang lebih kuat. Apabila kita tidak rutin berolahraga yang terjadi adalah otot-otot tubuh menjadi sangat kaku untuk menopang tubuh. Inilah awal terjadinya rasa nyeri dan pegal selama kehamilan. Jadi cobalah untuk berolahraga ringan setiap hari selama hamil, cara ini akan membebaskan kita dari nyeri serta pegal selama 9 bulan penuh.
7. Membuat kulit kita jadi bercahaya: Aliran darah kita akan lebih lancar saat rutin berolahraga. Aliran darah yang lancar ini, akan membuat sel-sel kulit mendapat nutrisi yang optimal dan dari sinilah datangnya kulit yang bercahaya.
Jangan takut untuk berolahraga selama hamil, karena manfaatnya akan membuat kehamilan sebagai proses yang menyenangkan. Agar manfaatnya lebih maksimal, ajaklah suami kita untuk turut serta dalam rutinitas olahraga ini, sehingga kita bisa semakin memperat ikatan dalam keluarga yang tengah kita bentuk. (Siagian Priska)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar